Ibu Bidan, PKK Luncurkan Posyandu Remaja Desa Garung

Rabu, 12 Juli 2023, Desa Garung meluncurkan program Posyandu Remaja “Gemilang” bagi anak usia 12—18 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ibu Bidan Umi Julailik dan Ketua PKK Ibu Sri Utami, beserta para anggota PKK.

Sekitar 40 remaja putra-putri menghadiri kegiatan ini. Ibu Umi selaku Bidan Desa memberikan sosialisasi mengenai tumbuh kembang remaja. Setelah itu, para remaja putri mendapatkan tablet penambah darah sebagai upaya pencegahan anemia dan stunting.

Posyandu Remaja merupakan program Kementerian Kesehatan sebagai tanggung jawab pemerintah dalam memenuhi akses kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan masyarakat. Program ini secara khusus ditujukan pada remaja karena mereka sedang mengalami banyak tantangan baik dari diri sendiri ataupun lingkungan.

Kegiatan berakhir dengan sosialisasi pernikahan dini dan pergaulan bebas oleh Tim Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya (MMD UB). Para pemateri sosialiasi ini adalah Saudari Chany Zanetta dari Fakultas Hukum dan Saudara Rhenata Yudha dari Fakultas MIPA.